MENU0

Belajar Bicara Di Akademi Bicara

Bertahun-tahun kuliah di jurusan Komunikasi pastinya belajar Public Speaking ya. Tapi karena nggak pernah dipakai, pada akhirnya mlempem. Sebenernya aku bukan orang yang diharuskan tampil di depan menjadi Master of ceremony (MC) atau pembicara. Di pekerjaanku sekarang, aku lebih banyak dibalik layar. Lalu, buat apa public speaking? Aku tetap harus memperbaiki public speaking-ku karena sebagai marketing sekaligus stylist pengantin, aku harus pandai mengolah kata supaya calon klien dapat menerima pesan yang kusampaikan dengan baik dan benar.

Hari itu kuputuskan ikut kelas Public Speaking yang diadakan oleh Akademi Bicara dan Guyub Blogger Semarang. Bersama teman-teman blogger, kami diajak untuk belajar tanpa merasa digurui. Nah, gimana tuh? Yap, kak Adi dan kak Nessa sebagai mentor di kelas ini memang memaparkan tentang dasar public speaking dengan santai, penuh canda, namun melekat di kepala kami dengan baik. Mereka lebih mengutamakan sharing atau komunikasi dua arah antara peserta dan mentor, sehingga kami nggak merasa seperti sedang melakukan kegiatan belajar mengajar ala anak sekolah/kuliah.

Kelas dengan sepuluh orang peserta ini, dibuka dengan kegiatan ice breaking, dimana kami semua diminta untuk berkonsentrasi melakukan pergerakan sesuai arahan kak Adi. Dan tampaknya cara ini berhasil bikin kami riang dan nggak mengantuk serta siap menerima materi dengan baik.

Materi pertama yang disampaikan oleh kak Adi yang ternyata aku banget yaitu tentang gesture atau body language dalam berbicara di depan umum. Which is ternyata selama ini aku masih banyak melakukan yang salah. Seperti, aku masih sering berbicara terlalu cepat, terkadang aku menganggap diriku “lebih” dari audience padahal harusnya kita menganggap diri kita sama atau sejajar dengan mereka. Aku juga masih sering nggak melihat mata orang yang diajak bicara karena grogi, seharusnya kita melihat mata mereka, jika audience nya banyak, kita harus melihat mereka secara bergantian. Hal-hal simple seperti itu ternyata sdangat berpengaruh dalam public speaking. Kak Adi juga menyebutkan bahwa sebaiknya kita survey dulu siapa orang yang akan menjadi audience kita, sehingga kita nggak kaku dalam menghadapinya. Poin pentingnya, dalam berbicara kita harus tulus, sehingga pesan yang akan disampaikan bisa diterima dengan baik.

Selaras dengan kak Adi, di materi kedua, kak Nessa juga menekankan ketulusan sangat penting dalam percakapan. Selain itu, kita juga harus menjaga suara kita untuk meyakinkan orang yang kita ajak bicara. Penekanan kalimat atau kata juga diperlukan untuk memperlihatkan bahwa kita pun yakin dengan apa yang kita bicarakan.

Masih kelas dasar aja, aku udah enjoy banget nih mengikuti Akademi Bicara. Nggak terasa dua jam serasa lima menit. Ditambah lagi karena format kelas nya santai, kita bisa bebas sambil ngemil cupcake dari Senirasa dan kopi susu Kopi Kanu, yummy…

Anyway, dari tadi kita mention Akademi Bicara sebetulnya apa sih Akademi Bicara itu? Yap, Akademi Bicara adalah short course yang digagas oleh Nessa Ghozal dan Adi Siswowidjono untuk memfasilitasi mereka yang ingin belajar public speaking untuk segala kebutuhan. Baik kebutuhan presentasi, ingin menjadi MC, dan banyak lagi. Dua penggagasnya ini bukan orang biasa lho. Mereka sudah malang melintang di dunia MC, moderator di berbagai acara formal maupun informal. Nessa Ghozal sendiri saat ini masih tercatat sebagai dosen Ilmu Komunikasi di salah satu perguruan tinggi swasta di Semarang. Adi Siswowijono juga sudah nggak diragukan lagi kiprahnya di dunia broadcast (radio) di Semarang. Nggak ragu lah ya mau ikut Akademi Bicara kalau mentor nya sehebat mereka. Terlebih lagi, kelas yang mereka adakan sangat fun. Nggak hanya membuka kelas terbuka, mereka juga ada kelas privat buat kita yang lebih suka belajar sendiri. Dalam sebulan, Akademi Bicara diadakan dua kali. Info lebih update tentang kelas apa saja yang diadakan Akademi Bicara, bisa klik di sini, atau menghubungi  : 0818296629 / 08122823139.

No Comment
Leave a comment!
Your Name*
Your Email*
Your Website
Your Comment
Instagram
Follow me @raninelasari
This error message is only visible to WordPress admins

Error: API requests are being delayed for this account. New posts will not be retrieved.

There may be an issue with the Instagram Access Token that you are using. Your server might also be unable to connect to Instagram at this time.

Error: No posts found.

Make sure this account has posts available on instagram.com.

Error: admin-ajax.php test was not successful. Some features may not be available.

Please visit this page to troubleshoot.