MENU0

HOW TO : Organized Nomaden Market

Masih kembali di masa Nomaden Market. Aku selalu berkeinginan kalau Nomaden Market ada yang meneruskan, tapi seringkali yang aku tawarin belum punya keberanian mengadakannya. Padahal bikin intimate bazar semacam Nomaden Market yang menjual produk fashion itu nggak susah kok. Begini langkahnya :

  1. LOKASI
    1. Mencari lokasi yang tepat untuk acara adalah langkah yang pertama. Carilah lokasi yang mendekat dengan target pasar. Namun perlu diperhitungkan cari tempat yang luas parkirannya, karena bisa jadi customer kita banyak yang datang mengendarai mobil.
    2. Ajukan kerjasama promosi, supaya biaya sewa tempat nggak terlalu tinggi sehingga tenant dan kita sendiri nggak keberatan dengan biaya operasional bazar ini.
  1. PROMOSI
    1. Setelah mendapatkan lokasi yang sudah pasti, bikin promo pencarian tenant. Klasifikasi tenant harus dibuat dulu sesuai target pasar yang dituju. Tenant diminta untuk mengirimkan 10 sample foto produk fashion untuk diseleksi via email.
    2. Sambil melakukan seleksi peserta (via email), lakukan promosi ke berbagai social media. Bisa Instagram, twitter, path, facebook, broadcast whatsapp, LINE. Bisa juga kerjasama dengan portal promo event untuk mempercepat penyebaran berita. Promosi dilakukan paling mepet, dua minggu sebelum acara.
    3. Media partner juga terkadang diperlukan untuk meliput acara intimate bazar
    4. Promosi harus terus berlangsung sampai acara selesai. Jangan malas untuk terus berkreasi membuat caption yang menarik serta persuasif mengundang orang untuk datang dan belanja.
  1. TEAM WORK
    1. Di Nomaden Market, tim yang dibutuhkan nggak perlu terlalu banyak yang penting efektif. Kita membutuhkan satu orang pengawas yang bertugas mengawasi jalannya acara, selain itu dia juga bertugas menjaga keamanan stan. Jangan sampai ada stan yang kecurian.
    2. Tenant hanya bertugas menawarkan barang dan menjualnya, untuk pembayaran dipusatkan di satu kasir, dan uang hasil penjualan akan dibagikan di hari terakhir setelah dipotong 10% (sebagai fee manajemen). Dengan sistem ini, maka diperlukan 1 orang untuk menjadi petugas kasir. Petugas kasir adalah orang yang bisa dipercaya, teliti dan jujur supaya kita nggak pusing di akhir acara ternyata jumlah uang yang nggak sesuai dengan rekap nota.
  1. HARI H
    1. Sebagai penyelenggara acara, kita nggak boleh lengah di hari H. Selain mengawasi jalannya jual beli, karena ini adalah intimate bazar, kita sebagai penyelenggara harus melakukan bonding dengan peserta. Mengawasi omzet mereka, apabila terdapat stan yang kurang laku, kita bantu untuk promosi yang lebih gencar. Atau ajak mereka untuk bikin kuis yang memancing orang membeli.

Tahap ke empat inilah yang menjadikan aku nggak ingin memperbesar Nomaden Market. Karena kalau banyak tenant, kita nggak bisa lagi melakukan pendekatan, ngobrol sesama pengusaha, berbagi pikiran dan kreatifitas serta mencari rejeki bersama yang menjadi tujuan awal Nomaden Market. Jadi, buat yang pengen bikin intimate bazar, ketulusan adalah hal yang utama, selanjutnya profit akan mengikuti. Karena sampai terakhir kali diadakan, Nomaden Market dengan jalan seperti ini nggak pernah rugi sama sekali. Aku selalu mendapatkan banyak keuntungan. Udah dapet duit, dapet banyak teman dan relasi. Bahagia!

 

 

 

 

No Comment
Leave a comment!
Your Name*
Your Email*
Your Website
Your Comment
Instagram
Follow me @raninelasari